Tuesday, 5 April 2011

Menonaktifkan fungsi autorun (autorun.inf)

Adakah di laptop atau komputer tema-teman yang ada folder autorun.inf? Nah, folder ini biasanya dibawa dari autoplay. Dan tak jarang juga folder ini sering dan bahkan dianggap virus oleh beberapa antivirus. Autorun.inf ini adalah sejenis worm yang mempunyai  kemampuan  untuk dapat menyebar secara otomatis tanpa tergantung kecerobohan atau kelalain manusia itu sendiri. Dan biasanya virus ini menyebar melalui media flashdisk secara otomatis.

Autorun.inf adalah suatu script AutoRun yang digunakan untuk menjalankan suatu  file  secara otomatis saat user  akses  ke  suatu  Drive  atau  saat  user  menghubungkan removable disk atau saat user memasukan CD / DVD ke dalam CD / DVD ROM. Pada umumnya autorun virus berisi script seperti dibawah ini:
[AutoRun]
open=virus.exe->file virus yang digunakan sebagai stimulus

shellexecute=virus.exe
shell\Auto\command=virus.exe
Shell = Auto

Nah, tujuan utama dari autorun tersebut dimaksudkan agar saat ditancapkannya flashdisk di computer atau laptop, maka flasdisk tersebut akan mengunduh file virus karena hidupnya autorun tersebut.
Nah, sekarang ini apa hal yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi penyebaran autorun.inf itu sendiri?? Salah  satu  cara  yang  efektif  untuk  mencegah  penyebaran  virus  lokal  yang  menggunakan metode tersebut adalah dengan men-disable (mematikan) fungsi Autorun/Autoplay pada Drive/Removable tersebut.

Adapun langkah-langkahnya yaitu:
# Untuk Windows XP
  • Klik run atu win + R (caranya seperti kemarin
  • ketik gpedit.msc
  • Setelah itu pilih User Configuration
  • Klik Administrative Templates
  • Pilih System
  • Turn off Autoplay
# Untuk Windows 7
  • Klik Run atau tekan tombol Win + R
  • Setelah itu salin tulisan ini dan pastekan di tab run gpedit.msc, setelah itu rubahlah Turn off Autoplay [User Configuration-Administrative Templates-All Settings-Turn off Autoplay]
  • Kemudian klik 2 kali Turn off Autoplay dan pilih disable all drives atau cukup CD/DVD and removeable. Tergantung kamu pilih yang mana.
Dengan matinya fungsi autoplay computer, maka script autorun sendiri hanya akan menjadi file sampah yang tak ada gunanya. Setelah  setting  diatas  ada  baiknya  sebelum  mencolokkan  flashdisk,  terlebih  dahulu kita show hidden  files …[klik  Tool-Folder  Options-  View-  pilih  Show  Hidden  Files  and  Folders sekalian  hilangkan  ceklist pada  Hide  protected  operating  system  files  (Recommendet)-Ok]. Setelah  itu  jika  anda  temukan  file autorun.inf dan disampingnya terdapat induk virus.exe maka kita tinggal delete aja…

Sekian dulu kali ini, semoga artikelnya bermanfaat.
Posted by Aan Ky ('Ali Ahmad)


0 comments:

Post a Comment