Saturday, 15 September 2012

Cara Mudah Enkripsi Data/File Penting


Enkripsi bertujuan untuk menyembunyikan/mengacak isi data/file sehingga hanya Anda sendiri atau orang-orang yang Anda inginkan yang bisa mengakses/membuka data/file tersebut. Sebuah istilah dalam dunia komputer: “Anda hanya bisa menyembunyikan sebuah data jika Anda merusak data tersebut.” Nah, ungkapan tersebut bisa dijadikan dasar dalam melakukan tekhnik enkripsi data dengan mudah.

Cara Mudah Enkripsi Data File Penting
Gambar: Candidity.org
1. Mengubah Nama Ekstensi File

Ini merupakan cara yang sangat sederhana, caranya adalah Anda mengubah ekstensi sebuah file. Karena komputer bekerja sesuai ekstensi untuk membuka suatu file, maka dengan mengubah ekstensinya Anda bisa mengacaukan komputer itu. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan :
  • Memastikan bahwa komputer Anda menampilkan nama ekstensi, untuk itu Anda dapat membukaControl Panel -> Folder Options lalu pilih tab View, kemudian uncheck Hide extension for known file types.
  • Setelah melakukan langkah pertama maka di setiap file yang ada dikomputer Anda akan tertera nama ekstensi.
  • Untuk merahasiakan sebuah file dengan cara mengecoh komputer, yang harus Anda lakukan hanyalah melakukan rename nama ekstensi file tersebut. Misalnya Anda memiliki sebuah fileartikel.doc nah jika Anda ingin merahasiakannya cukup ganti menjadi artikel.jpg atau artikel.dll, mengganti dengan nama ekstensi .dll tentunya lebih aman karena orang lain akan mengira file tersebut adalah file system Windows.
  • Untuk melakukan enkripsi secara masal, Anda bisa mengumpulkan keseluruhan file yang akan dienkripsi kemudian jadikan suatu file zip dan tinggal ganti ekstensi zip dengan nama samaran.
  • Nah jika Anda ingin mengembalikan file tersebut, Anda tinggal melakukan rename sesuai dengan ekstensi asalnya, cukup mudah kan?
2. Mengubah Hex Code Menggunakan Hex Editor

Cara kedua bisa dibilang lebih sulit karena Anda harus mengunduh sebuah aplikasi bernama Hex Editor. Mekanisme kerja enkripsinya sama saja, namun dengan aplikasi tersebut yang Anda ubah bukanlah lagi nama ekstensi, melainkan data yang telah dikonversi ke dalam bilangan Hex. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Jika Anda belum memiliki aplikasi Hex Editor, Anda bisa mengunduh aplikasi HDD Hex Editor Neo di sini. Kemudian Anda bisa langsung memasangnya pada komputer.
  • Pilih sebuah file yang akan Anda rahasiakan, kemudian klik kanan dan pilih Edit With HDD Hex Editor Neo.
  • Setelah itu Anda akan dialihkan kedalam sebuah halaman berisikan angka dan huruf dalam format Hexadecimal. Pilih salah satu angka atau huruf kemudian ubah sesuai keinginan Anda.
  • Anda harus mengingat angka mana yang Anda ubah dan nilai yang Anda ubah, untuk memudahkan Anda bisa mengubah huruf pertama pada baris pertama saja.
  • Kemudian simpan, dan cobalah buka file yang telah Anda utak-atik tadi, maka hanya ada pesan error yang muncul.
  • Untuk mengembalikan file seperti semula, cukup kembalikan nilai yang telah Anda ubah.
Teknik enkripsi data sederhana ini mungkin bisa berguna bagi Anda yang memiliki data-data penting yang tidak ingin diketahui oleh siapapun. Enkripsi ini sangatlah ampuh karena merusak file tersebut sehingga akan mengurangi kecurigaan karena orang lain akan mengira file tersebut rusak bukan di-enkripsi.

Source http://blog.cyber4rt.com/2012/09/cara-mudah-enkripsi-data-file-penting.html


0 comments:

Post a Comment