Saturday, 15 September 2012

TALIBAN Menggunakan Profil Facebook Seksi Sebagai Jebakan


Taliban ternyata menggunakan profil akun Facebook yang seksi untuk memikat pasukan musuh agar membagikan rahasia militer kepada mereka.

Hal ini mungkin bukanlah sebuah kejutan besar, tapi rupanya Taliban menggunakan profil Facebook palsu untuk memata-matai pasukan Australia.

TALIBAN Menggunakan Profil Facebook Seksi Sebagai Jebakan

Berikut adalah cara kerjanya:

Taliban  membuat akun  palsu Facebook dengan menggunakan gambar wanita yang cantik/sexy sebagai profil picnya. Mereka kemudian menggunakan akun palsu tersebut untuk berteman dengan tentara Australia, dan mengumpulkan informasi berdasarkan update Facebook para prajurit '. Sebuah masalah besar, tentu saja, adalah pada fungsi geo-tagging di Facebook, yang mencatat lokasi dari mana status atau foto di-upload. Jika  tentara mengupdate status mereka atau upload foto misalnya,ke Facebook sementara mereka berada di lapangan, hal ini cukup memberikan info lokasi dimana mereka berada.

Menurut News.com.au, tiga tentara Australia dibunuh di dalam markas mereka bulan ini, diduga dilakukan  oleh Tentara Afghanistan.

Menurut review media sosial dan pertahanan australia, banyak tentara tidak menyadari bahwa orang yang menggunakan profil palsu dapat mengetahui informasi dan pergerakan mereka. Dari 1.577 anggota Departemen Pertahanan australia. 58%  staf dilaporkan tidak memiliki pelatihan tentang  sosial media.Departemen Pertahanan Australia saat ini sedang membuat pedoman baru tentang social media,yang akan diluncurkan desember mendatang.

Ini bukan hanya  tentang Taliban ...

Anda  mungkin bukanlah anggota militer Australia, tapi itu tidak berarti Anda disarankan untuk berteman dengan siapa saja di Facebook. akun/profil palsu Facebook  telah ada sejak awal Facebook booming, dan mungkin di antara teman-teman anda di facebook ada mata-mata atau mungkin saja hacker yang bisa memperoleh keuntungan dari kelengahan anda.

Saran yang jelas adalah bahwa Anda tidaklah harus menambahkan siapapun di Facebook kecuali Anda tahu mereka dalam kehidupan nyata ,terlepas mereka cantik atau tidak. Namun, jika Anda bersikeras untuk membuat teman-teman virtual di platform jaringan sosial anda, berikut beberapa tips untuk menyimpan informasi pribadi anda dengan aman:

 -Tampilkan informasi pribadi sesedikit mungkin untuk profil Anda. Tak perlu dicantumkan, alamat, nomor telepon, dan tanggal lahir (setidaknya, tahun kelahiran).

-Memahami bagaimana  sosial enggineer dapat menggunakan sebagian  dari informasi di Internet untuk mengumpulkan data tentang Anda. Misalnya, jika Anda menempatkan hari lahir Anda dan bulan pada profil Facebook Anda, dan Anda juga mencantumkan  tahun kelulusan sekolah  pada profil LinkedIn Anda, seorang sosial engginer yang cerdas akan mampu mengumpulkan data tentang anda dari dua akun tersebut. Oleh karena itu, batasi informasi pribadi sebanyak mungkin.

- Jika Anda  kebetulan sedang berlibur (atau di lokasi militer rahasia), jangan posting tentang hal itu sampai setelah Anda berada kembali (atau ke lokasi yang aman, non-rahasia militer). Posting gambar dan update sementara Anda ribuan mil jauhnya dari rumah,itu sama saja dengan  mengiklankan bahwa Anda ... ribuan mil jauhnya dari rumah Anda.

- Memantau apa yang teman Anda katakan kepada Anda dan tentang Anda di Facebook. Dalam pengaturan Privasi, adalah ide yang baik untuk mengaktifkan fitur "posting ulasan", yang memungkinkan Anda menyetujui (atau menolak) posting teman yang ingin mentag anda sebelum  secara otomatis muncul di timeline anda.Untuk mengaktifkan fitur ini, pergi ke pengaturan Privasi > Kronologi dan Penandaan > Tinjau Kiriman Teman Yang Menandai Anda Sebelum Muncul di Kronologi  dan mengubahnya menjadi "On."

- Hati-hati tentang apa yang Anda katakan difoto. Banyak smartphone saat ini memiliki fitur geo-tag foto secara otomatis, jadi ide yang baik untuk mematikan fungsi ini, jika anda ingin. Untuk mematikan geo-tagging pada iPhone, buka Pengaturan> Lokasi Layanan> Kamera, dan putar Layanan Lokasi jadi "Off" untuk kamera. Untuk menonaktifkan geo-tagging pada ponsel Android, buka kamera Anda, pergi ke Pengaturan kamera > Lokasi , dan pastikan  dijadikan "Off."

Cara termudah untuk menghindari jenis kecelakaan ini adalah andalah satu-satunya orang yang benar-benar tahu tentang kehidupan nyata anda. Namun, adalah ide yang baik untuk mengambil tindakan pencegahan sebelum terlambat, Anda tidak akan pernah tahu di kehidupan nyata ,siapa teman anda di Facebook  yang mungkin meninggalkan akun mereka masih terbuka pada komputer umum di suatu tempat.

Source http://blog.cyber4rt.com/2012/09/talibanmenggunakan-profil-faceboook.html


0 comments:

Post a Comment