Wednesday, 17 October 2012

FBI Meluncurkan Program Safe Online Surfing (FBI-SOS)

Apa cara yang lebih baik untuk belajar tentang keselamatan di dunia maya (cyber safety) selain melalui permainan, video dan fitur interaktif lainnya? The US Federal Bureau of Investigation (FBI) menggunakan cara tersebut  dalam program cyber security terbaru mereka yang disebut Safe Online Surfing (FBI-SOS).

FBI Meluncurkan Program Safe Online Surfing (FBI-SOS)

Situs - sos.fbi.gov - dirancang untuk membantu kalangan remaja agar lebih memahami risiko yang terdapat di internet hari ini.

FBI -SOS memiliki fitur 6 "pulau"yang masing-masing dari pulau tersebut didedikasikan untuk anak-anak antara kelas tiga dan delapan.Pulau-pulau memiliki 7-8 tempat yang bisa dieksplorasi, masing-masing tempat berfokus pada pelajaran keamanan cyber yang spesifik.
FBI Meluncurkan Program Safe Online Surfing (FBI-SOS)

Untuk membuat segala sesuatunya lebih menarik, FBI-SOS tidak hanya mencakup bagian pengujian antar siswa, tetapi juga kompetisi antara lembaga pendidikan.

Jadi, setelah semua skenario pulau selesai dan setelah setiap siswa diuji,leader board yang dioperasikan oleh FBI akan menunjukkan sekolah mana yang terbaik. Pemenang akan menerima semacam trophy FBI-SOS, dan jika memungkinkan, mereka akan dikunjungi oleh agen FBI lokal.

"FBI-SOS adalah cara yang menyenangkan,gratis, dan efektif untuk mengajarkan kepada anak-anak bagaimana menggunakan internet dengan aman dan bertanggung jawab," jelas Scott McMillion,kepala unit yang mengelola program di Divisi Kriminal Investigasi FBI.

"Kami mendorong para guru untuk memeriksa situs tersebut dan mendaftarkan kelas mereka selama tahun ajaran."

Fakta penting adalah bahwa lembaga tersebut tidak mengumpulkan rincian data siswa sebagai bagian dari program. Hanya nama-nama guru, sekolah dan email saja yang dibutuhkan untuk memverifikasi identitas mereka sebagai syarat pendaftaran.

Program FBI SOS di buat hanya selang beberapa hari setelah kasus bunuh diri Todd Amanda (15 tahun). Insiden ini sekali lagi menyoroti risiko yang ditimbulkan oleh cyberbullying dan kurangnya program pelatihan keamanan Internet bagi kalangan remaja.
FBI Meluncurkan Program Safe Online Surfing (FBI-SOS)

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan kembali pada bulan Agustus, perusahaan keamanan McAfee mengungkapkan bahwa situs sosial media sering dimanfaatkan oleh Cyberbullies. 92% dari remaja yang melaporkan "penindasan" secara online, mengklaim bahwa kejadian tersebut terjadi di Facebook.


0 comments:

Post a Comment